Fondant

Resep Fondant #1 *

gula halus 425 gr
tepung maizena 75gr
gelatine 10gr
air 70ml
cara:
campur gelatin n air,diamkan 10 menit
rebus gelatin di atas api kecil hingga mendidih
campur maizena n gula halus,aduk rata
tambahkan gelatin,uleni hingga kalis
siap digunakan.
nah kalau pakai shortening (mentega putih) ditambahin di adonan atau cukup dioles ke meja dan tangan aja biar g lengket?

* diambil dari Creative With Fondant

Pudding Almond Gelas

Pudding Almond Gelas
:: Penulis : Fatmah Bahalwan

Entahlah apa yang terjadi, belakangan ini yang pesen pudding gelas ini banyak sekali. Bisa jadi diantara kesibukan bekerja dikantor dan mengikuti training ataupun meeting, mengudap pudding lembut dan ringan seperti ini dapat meredakan stress dan lelah. Padahal membuatnya mudah lho, cobain deh !. Pudding ini juga cocok lho diselipkan dalan sajian Lunch Box.

Bahan:
1 ltr       susu segar
1 bks     agar-agar bubuk putih
250 gr    gula pasir
1 sdt      essence almond
1 klg      fruit cocktail, siap beli.

Cara membuatnya:

  1. Masak sambil diaduk-aduk: susu, agar-agar dan gula pasir hingga mendidih. Matikan api, masukkan essence almond, aduk rata. biarkan uapnya hilang.
  2. Tuang agar-agar kedalam cetakan kecil-kecil, biarkan setengah beku.
  3. Beri 1 sdt fruit cocktail disetiap cetakan. Bekukan dalam kulkas hingga saat disajikan.

Buttercream Siram

Butter cream siram

Agak bingung juga mau menjelaskan cara membuat Butter Cream siram… tapi dengan penuh keberanian sy coba tulis juga cara membuatnya…kita harus menyiapkan BCnya lalu kita masak air sampai mendidih lalu matikan kompornya … adonan BC yg sdh di dalam loyang masukan ke dalam air yg sdh panas dgn cara di tim, sambil di aduk2 sampai agak mencair.. ..

Kalau ada minyak yg terpisah..angkat loyang berisi BC dari air panas ..lalu aduk dengan cepat biar tercampur kembali

Kalau sudah tercampur langsung di siram ke atas cake yh sdh di taruh di atas rak, yg di taruh dia atas loyang, supaya waktu BC di siram tidak berantakan.

Lalu raknya kita goyang2 supaya BCnya turun, jangan pakai spatula ..

setelah selesai lalu kita susun keatas cake yg sdh tersiram BC cream….lalu kita hias…

Cara mengangkat bunga mawar…

Ini yg sudah dihias

Hasil akhirnya….

Sy minta maaf kalau keterangan dari sy tidak jelas …krn memang agak sulit menjelaskan pakai tulisan.. lebih enak kita praktek langsung…..semoga bermanfaat..

Tips Membuat Butter Cream

Tips Membuat Butter Cream

Oleh : Fidelia

Butter Cream
Foto : Ist

Ghiboo.com – Butter cream digunakan untuk penghias kue. Agar sesuai dengan keinginan, maka butter cream biasanya dibuat sendiri agar hasilnya lebih lembut.

Banyak cara membuat butter cream, dari yang sangat sederhana sampai yang sedikit rumit, bahkan masih ada yang menggunakan campuran putih telur yang dikocok kaku untuk mendapatkan butter cream yang lembut.

Sebagai pemula, Anda akan dibagi tips membuat butter cream yang sederhana seperti dibawah ini:

Bahan-bahannya:
– 225 gr mentega tawar
– 75  gr gula bubuk
– 1 1/2 sdm sus kental manis.

Cara membuatnya:
Kocok butter hingga tampak halus, lalu masukkan gula bubuk kocok lagi. Agar manambah rasa manis masukkan susu kental manis dan kocok semua bahan hingga rata dan terlihat lebih halus.

Setelah tercampur rata, naikkan kecepatan mixer di posisi sedang. Kocok terus selama minimal 30 menit. Sampai butter cream benar-benar mengembang dan putih. Dan siap pakai deh.

Butter cream bisa diberi rasa yang lain, misalnya cokelat, strawberry atau daun pandan yang sudah dihaluskan dengan mencampurkannya ke butter cream yang sudah jadi.  Ini sekaligus bisa menjadi pewarna alami butter cream, menggantikan pewarna makanan lainnya.

Selamat mencoba!

JENIS-JENIS GULA

1. GULA PASIR

Adalah gula hasil kristalisasi cairan tebu. Biasanya berwarna putih namun ada pula yang berwarna coklat (raw sugar). Disebut gula pasir karena bentuknya yang seperti pasir. Biasanya gula pasir digunakan untuk pemanis dalam minuman, kue, makanan, dll.


2. GULA PASIR BERBUTIR KASAR (CRYSTALIZZED SUGAR)

Adalah gula yang juga dari hasil kristalisasi cairan tebu. Berbeda dengan gula pasir, gula ini memiliki batir yang lebih kasar. Warnanya juga ada yang berwarna-warni. Biasanya gula jenis ini digunakan untuk tabulan pada biscuit sebelum dipanggang karena gula ini tidak meleleh dalam suhu oven.


3. GULA KASTOR (CASTER SUGAR)
Gula kastor memiliki bentuk yang lebih halus daripada gula pasir. Karena sifatnya yang mudah bercampur, maka gula kastor sering digunakan sebagai bahan campuran untuk pemanis dalam adonan kue, cookies, pastry, dll. Gula kastor memiliki warna putih bersih. Gula kastor bisa dibuat dengan memasukkan gula pasir ke kantong plastik lalu memukul-mukulnya hingga hancur. Hasil ayakannya dapat menggantikan gula kastor.


4. GULA BUBUK (ICING SUGAR atau CONFECTION SUGAR)

Gula incing atau disebut juga dengan tepung gula adalah gula yang telah mengalami penghalusan sehingga berbentuk bubuk gula. Karena sifatnya yang halus, gula icing baik digunakan untuk membuat krim untuk cake, taburan untuk cake, atau taburan untuk kue kering. Ada beberapa jenis gula bubuk yang mengandungpati jagung sehingga tidak menggumpal.


5. GULA DONAT
Sesuai namanya, gula donat adalah gula yang digunakan untuk bahan taburan donat. Tekstur gula ini halus seperti gula tepung dan berwarna putih. Namun, yang membedakannya dari gula tepung adalah gula donat memiliki rasa dingin jika telah masuk ke dalam mulut kita. Keistimewaan lainnya adlah gula donat tidak basah jika tekena minyak. Selain untuk donat, telah mulai banyak pengusaha kue putrid salju yang menggunakan gula donat untuk taburannya.


6. GULA DADU

Sesuai dengan namanya, gula dadu memiliki bentuk seperti dadu. Gula dadu biasanya memiliki kualitas tinggi. Gula ini lazim digunakan sebagai pemanis dalam minuman teh atau kopi.


7. BROWN SUGAR


Gula jenis ini adalah jenis gula yang dalam proses pembuatannya dibubuhi molase. Warnanya kecoklatan seperti gula palem, memiliki wangi caramel, dan rasanya legit. Rasa brown sugar tidak semanas gula pasir, biasanya digunakan dalam pembuatan cookies sehingga membuat cookies lebih moist daripada bila menggunakan gula pasir sebagai pemanisnya.


8. GULA PALEM (PALM SUGAR)


Gula palem jiga disebut gula semut. Gula ini berasal dari nira atau sari batang tumbuhan keluarga palem-paleman. Memiliki bentu seperti gula pasir, berwarna coklat, dan memiliki harem yang khas. Biasanya gula palem digunakan untuk membuat Ontbijkoek, fruti cake, atau campuran cookies seperti pada pitmopen.


9. GULA JAWA (GULA MERAH)


Sama seperti gula palem, gula jawa juga berasal dari nira atau sari batang pohon jenis palem. Bentuknya biasanya silinder atau menyerupai batok kelapa. Penggunaan gula jawa biasanya dalam pembuatan kecap.

10. GULA AREN
Bahan bakunya sama seperti gula jawa. Hanya saja gula aren memiliki harem yang lebih khas, dan warna yang lebih coklat daripada gula jawa.

11. GULA BATU

Gula Batu berbentuk bongkahan seperti batu. Rasanya tidak semanis gula pasir, namun lebih legit. Gula batu biasanya digunakan untuk minuman. Takarannya 1 sdt gula pasir = 2 sdt gula batu. Untuk memudahkan penggunaannya gula batu harus dihancurkan lebih dahulu.

12. MADU

Tidak seperti jenis gula lainnya, madu merupakan campuran dari tiga jenis gula, yaitu glukosa, fruktosa dan sakarosa. Komposisinya adalah 80% gula denga 20%air.


13. SIRUP MAPLE
Sirup yang didapatkan dari pohon maple yang banyak terdapat di wilayah Amerika Utara.sirup ini merupakan larutan 70%sakarosa dan glukosa dalam air. Penyusun utamanya adalah sakarosa.


14. CORN SYRUP
Merupakan produk sampingan dalm pengolahan jagung. Rasanya tidak semanis sirup gula. Dibuat dari pati jagung dengan menambahkan ssejenis enzim sehingga berbentuk sirup kental. Corn syrup akan memberikan efek moist pada kue. Ada 2 jenis corn syrup, yaitu Light Corn Syrup dan Dark Corn Syrup.


15. GOLDEN SYRUP
Sirup denganwarna kuning keemasan yang dibuat dari ampas molasses.


16. SIMPLE SYRUP
Simple syrup adalah sirup hasil campuran gula dengan air yang perbandingannya 1 : 1. simple syrup biasanya digunakan untuk olesan agar memberikan efek lembab pada permukaan cake.


17. GULA MALTOSE
Adalah hasil fermentasi malt / padi-padian yang telah mengalami perendaman, pengeringan, pemanggnagn, dan penggilingan. Bentuknya menyerupai madu, namun rasanya lebih manis dari madu.


18. KARAMEL
Caramel adalah berbagai produk yang diperoleh dengan pemanasan gula. Karamel memiliki warna kecoklatan atau bahkan kehitaman serta memiliki wangi yang khas.digunakan sebagai pewarna pada makanan atau sebagai aroma dan rasa.


19. GULA JELLY
Adalah larutan gula yang warnanya kuning dan kental sehingga menyerupai jelly. Gula jelly biasanya dicampurkan ke dalam adonan buttercream.

Brownies Panggang tanpa Mixer

Brownies tanpa mixer by fatmah bahalwan

 Bahan:
100 gr Mentega tawar [ aku pake blue band ]
100 gr Dark cooking chocolate [125 gr , di banyakin biar nyoklat banget rasanya..^^..]
150 gr gula kastor
2 btr telur
1 sdt Vanili [gak pake, karena gak punya]
100 gr terigu [100 gr terigu + 30 gr coklat bubuk]
1/2 sdt garam [ gak pake]
100 gr almond slice. [keju parut ma lelehan coklat]
Cara Membuat:
– potong-potong dark cooking chocolate, lelehkan bareng mentega dg api kecil.
(asal leleh aja jangan sampai mendidih, kalau perlu ditim atau pakai panci yg bawahnya tebal)..
– tuang kedalam wadah yg telah berisi gula, garam, dan vanili, aduk-aduk hingga tercampur rata dan
  agak dingin.
– masukkan telur ( sebelumnya di kocok bebas), aduk asal rata, tuang juga campuran terigu+coklat bubuk aduk lagi.
– terakhir campurkan almond slice + coklat chip (tapi aku ga pake), sisakan sedikit u/ taburan.
– tuang adonan kedalam loyang, taburi sisa almond + coklat chip. panggang dlm oven hingga matang.
(keluarkan dari loyang dan beri topping lelehan coklat lalu taburi keju)
– potong-potong, sajikan.

Pizza Tanpa Oven

Bahan roti dan resep pizza tanpa oven :

  • 1 kg terigu protein tinggi
  • 1 sachet ragi (fermipan)
  • 1/2 sdm garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 6 sdm minyak sayur
  • 500ml air dingin

[sumber] http://cara-membuat.net/cara-membuat-pizza-tanpa-oven

Bahan Topping pizza :

  • 1 siung bawang bombay
  • 1 siung bawang putih
  • Sosis ayam/sapi/ keduanya
  • Jamur
  • Daging cincang
  • Mozzarella
  • Saus tomat

Cara Membuat Pizza tanpa Oven :

  • Campurkan semua bahan roti menjadi satu kecuali air
  • Kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit sampai kalis
  • Aduk sampai adonan menjadi benar-benar elastis dan biarkan dalam wadah tertutup
  • Tumis bawang putih sampai wangi dan kemudian masukkan juga bawang bombay dan Aduk hingga layu.
  • Masukkan daging cincang, sosis, jamur dan tambahkan garam, kemudian sisihkan
  • Olesi Pan ukuran 18″ dengan minyak secukupnya
  • Ambil adonan pizza secukupnya dan gilas adonan menjadi bentuk bundar pipih.
  • Letakkan adonan pipih tersebut di atas pan, lalu taburkan parutan keju mozarella,tumis daging cincang, jamur, sosis dan saus tomat.
  • Kemudian atasnya taburkan lagi dengan keju mozarella
  • Panggang di atas api kecil dengan pan yang tertutup
  • Angkatlah saat keju mozarella sudah meleleh semua dan dasar roti sudah kecoklatan
  • Selesailah Cara Membuat Pizza tanpa Oven dan semoga bermanfaat