Aneka Jenis Coklat

Saat ini ada banyak sekali jenis coklat yang beredar di pasaran, dan buat teman-teman yang baru belajar membuat coklat, mungkin masih bingung dalam memilih jenis coklat yang akan digunakan. Salah-salah memilih, nanti malah coklat yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Atau mungkin coklatnya jadi, tapi rasanya tidak seperti yang diharapkan. Nah biar ngga salah pilih ada baiknya kalian membaca dulu info ini.

Berikut ini Jenis-jenis coklat yang beredar dipasaran antara lain :

1. Couverture

Jenis coklat terbaik, coklat ini sangat murni dengan persentase lemak kakao-nya yang tinggi sehingga menghasilkan flavor yang sangat baik. Biasanya digunakan untuk pembuatan produk coklat buatan tangan. Sebelum digunakan coklat jenis ini di-temper (dilelehkan) terlebih dahulu. Harga coklat ini juga sangat mahal, sekitar 3x lipat dari coklat compund. Proses temperingnya pun agak unik (Baca artikel bagaimana coklat menjadi coklat). Biasanya hanya pengusaha coklat kelas atas saja yang memakai jenis coklat ini. Tapi rasanya memang uenak banget… sepadan sama harganya. hmm… tapi itu kalo berhasil bikinnya ya… hehehe…

2. Plain Coklat

Coklat jenis ini baik digunakan untuk kue, cake, dll. Persentase massa kakao bervariasi antara 30% – 70%. Semakin tinggi konsentrasi massa kakao semakin baik flavornya.

3. Milk Coklat

Merupakan campuran gula, cocoa butter, coklat cair, susu dan vanilla. Coklat jenis ini paling banyak dikonsumsi. Massa kakao nya cukup rendah hanya 20% dan rasanya lebih manis dibandingkan plain coklat. Cokelat yang satu ini pasti disukai anak-anak karena bisa langsung disantap dengan rasa yang manis dan lembut karena mengandung susu. Jika Anda hendak membikin kue, cokelat jenis ini bukanlah pilihan yang baik. Selain kandungan cokelatnya relatif sedikit, cokelat ini mudah hangus bila dilelehkan.

4. White Coklat

Merupakan campuran gula, cocoa butter, susu dan vanilla. Tidak mengandung massa kakao, flavor dihasilkan dari lemak kakao. Selain dikonsumsi langsung juga digunakan untuk dekorasi. Cokelat ini terbuat dari lemak cokelat, gula, dan vanili. Ia tak mengandung cokelat padat. Karena mudah hangus, ada baiknya dimasak dengan hati-hati. Untuk sekedar ngasih tau aja, kalo kamu mau memberi warna atau efek warna pada coklat, white coklat ini lah yang biasa digunakan. Tapi inget, untuk memberi warnanya pake pewarna permen ya. jangan pernah pake pewarna lain, bisa berbahaya.

5. Dark Coklat

Produk ini memiliki kandungan kakao 30-60%, rasanya agak sedikit pahit, tapi justru bisa memberikan taste yang berbeda dari pada milk dan white coklat. (ini coklat favorit saya, rasanya pas banget kalo buat cowok)

6. Minuman Coklat

Produk minuman dari coklat yang terdiri dari massa kakao dan mengandung kadar gula yang tinggi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s