Perbedaan Microwave dan Oven

[sumber] http://sauskecap.com/perbedaan-microwave-dan-oven/

Dua benda tersebut sebenarnya merupakan salah dua wishlist barang yang harus ada di dapur saya setelah menikah nanti (semoga banyak yang membaca tulisan ini, jadi ada yang memberi kado itu hehe). Tapi saya masih bingung harus beli yang mana dulu ya? Microwave atau oven? Akhirnya cari tahu dari berbagai sumber mengenai perbedaan microwave dan oven, dan inilah hasilnya.

Microwave Oven
Setahu saya : salah satu alat masak yang memiliki fungsi untuk menghangatkan makanan beku atau makanan instan. Oh iya, dan untuk membuat popcorn (pasti tahu kan maksud saya, yang sering dijual di mal itu loh).
Faktanya : microwave (nama lengkapnya microwave oven) adalah alat masak yang menggunakan radiasi gelombang mikro untuk memasak atau memanaskan makanan. Pemanasan makanan yang terjadi dalam microwave tidak menggunakan panas eksternal tetapi dari gerakan molekul dalam makanan itu sendiri seperti molekul air, gula, atau lemak. Pergerakan molekul itulah yang menciptakan panas.
Ini salah satu contohnya, produk ini punya feature yang namanya defrost alias mencairkan makanan beku dan juga menu menghangatkan minuman dan slow cook. Ternyata tidak ada pilihan menu untuk roasting atau bake. Sepertinya yang satu ini harus saya coret dari daftar kanditat produk yang akan dibeli. Saya tidak terlalu suka dengan makanan-makanan beku.

Convection Microwave Oven
Setahu saya : saat menonton acara masak-memasak di tv saya sering kali lihat si koki memanggang roti/kue di microwave. Dilain waktu si koki memanggang satu ekor ayam utuh dalam microwave juga (dari bentuknya saya yakin kalo yang digunakan itu microwave).
Faktanya : Hee… ternyata memang ada microwave yang punya 2 fungsi. Jadi selain fungsi utama seperti microwave oven pada umumnya ada fungsi tambahan lain. Convection Microwave Oven, punya kipas konveksi untuk meratakan panas dalam oven sehingga bisa digunakan untuk membuat baking cake dan memanggang daging.

Conventional Oven
Setahu saya : cuma bisa memanggang dan tidak bisa menghangatkan makanan (eh atau bisa ya), dulu dirumah saya pernah punya tapi versi murah alias oven tungku.
Faktanya : oven yang bisa digunakan untuk memanggang roti/kue atau daging. Sistem kerjanya memasak makanan dalam oven dengan bantuan panas yang berasal dari pemanasan listrik atau dari kompor.
Dan pada akhirnya saya tetap bingung harus membeli yang mana. Pengennya beli yang all in one biar praktis dan irit, hehe… Anyone, adakah yang sudah memilikinya dirumah? Mohon saran sebaiknya beli yang mana…

catatanku. akhirnya aku memutusan membeli Convection Microwave Oven merk SIGMATIC 20lt dengan harga 800rb-an (april 2011). wkwkwk.. dengan harga murah gitu, bs baking cake ma manggang daging & so pasti jg, bs nyairin makanan beku, ngangetin makanan, goreng krupuk tanpa minyak, dannnn buat popcorn :) senangnyahhhhh… :) cmawiiiiwww…

2 responses to “Perbedaan Microwave dan Oven

  1. hello mau nanya nih, Convection Microwave Oven kamu itu bisa buat kue apa aja? semua kue atau hanya kue tertentu? bisa manggang ayam atau daging steak gak? di tunggu informasi selanjutnya terima kasih

    • katanya sih bisa semua kue.. yang udah aku coba brownies panggang bisa ma kue2 cookies juga bisa hasilnya kriuk. manggang ayam udah pernah, bener2 kayak hasilnya kayak panggang ayam pake arang ;) kecoklatan dan gosong2 merata. enak ;)

Leave a Reply

