Bakpao Sederhana

Ingredients:
kertas roti/kertas kue (di warung terdekat biasanya jual)
baskom
gelas ukur
dandang
dan teman-temannya

Bahan A
500 gram Terigu Kunci
2 sdm Instant yeast (tapi kalo saya 1 1/2 aja..ngembang banget kok)
275 cc air

Bahan B
250 gram terigu kunci
250 gram gula
100 cc Air
25 gr baking powder double acting (aku jadinya 1 sendok teh aja)
20 gr mentega putih (sama dengan kira2 1 1/2 sendok makan)

Isi: Kornet –> karena ini pertama kali buat bakpao dan agak malas bikin isinya, jadinya aku pake kornet aja..tp rasanya enak juga kok, terutama bagi pecinta kornet

pertama2 kita siapin dulu bahan A-nya.. siapkan baskom lalu
bhn2 a tadi diuleni hingga kalis (gak lengket lagi) dan tunda 30 menit. (kalo aku yeast/fermipannya dicampur air 275 cc-nya..airnya yg hangat, jangan panas..anget aja..terus aduk ampe rata, setelahnya baru campurkan deh..alasannya biar lebihh manteb nanti ngembangnya)

kalo bahan A sudah didiamkan 30 menit campur dengan bahan b..sambil tetep diuleni..masukkan satu satu..(tepung,gula,dan seterusnya) lalu uleni kembali sampe bener2 kalis.. pas aku buat awalnya lembek-lembek gitu dan lengket, jadinya ditambah tepung sedikit sedikit ampe bener2 gak lengket.. lalu diamkan sampe ngembang, kira2 40 menit-1 jam, semakin lama semakin baik dan jangan lupa ditutup pake kain ato bisa plastik pembungkus

sambil nunggu ngembang, saatnya bikin isinya, seperti yg saya bilang, itu suka2 aja isinya apa, bisa macem2: kacang ijo, daging cincang, ayam, dll..aku memilih kornet yg lebih praktis..

setelah adonannya ngembang saatnya mengisi adonan dengan kornet tadi..sebelumnya jangan lupa gunting kertas roti, jadi kotak-kotak sesuai dengan besarnya adonan..
nah sambil membentuk adonan dengan isi, siapin juga dandang yg udah diisi air dan didihkan..
cara membagi adonan kira2 ambil secukupnya kemudian digulung di atas alas yg udah ditaburi tepung dan ratakan..

kalo sudah langsung adonan yang sudah jadi tadi dikukus deh dengan api sedang (jangan terlalu kecil, tp jangan gede juga)..
kira2 lamanya 15-20 menit, tergantung ketebalan adonan..pasang timernya 10 menit aja dulu,,kalo udah baru di cek apa udah mateng ato belum pake tusuk gigi/garpu..tapi jangan sering2 dibuka tutup, karena nanti bisa2 bakpaonya gak mateng dan jadi kuning..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s